Loading...
Infokargo

Cara menghitung Kubikasi Dengan Mudah Untuk Anda Yang Ingin Mengirimkan Barang

Achase.net – Cara menghitung Kubikasi Dengan Mudah Untuk Anda Yang Ingin Mengirimkan Barang, Di dunia Cargo, jasa ekspedisi atau pengiriman barang ada beberapa perhitungan yang digunakan, salah satunya adalah Hitungan volume, atau hitungan kubikasi. Pada artikel ini akan saya bahas cara menghitung kubikasi.

Artikel ini saya tulis supaya kalian – kalian bisa sedikit mengerti bagaimana cara menghitung berat barang jika barnag terlalu besar dan berat.

Pada umumnya jasa ekspedisi menghitung barat dengan satuan kilogram ini sudah umum. Namun bagaimana menghitung barang yang ringan namun besarnya amit – amit. Kalau dihitung berat saja jasa ekspedisi akan merugi. Oleh karena itu para jasa tersebut menggunakan perhitungan volume atau kubikasi.

Apa Itu Kubikasi Atau Perhitungan Volume

adalah nilai dari besaran volume yang ada pada kayu, yang dalam penghitungannya menggunakan satuan meter kubik (m³). Apabila Anda sudah mengetahui nilai kubikasi atau volume dari sebatang kayu, maka Anda dapat memperkirakan atau mengetahui harga dari kayu tersebut berdasarkan nilai kubikasi ataupun volumenya.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000

Nb : cara menghitung kubikasi kayu gelondong sama dengan menghitung volume tabung dalam matematika, dimana panjang kayu yang dinyatakan dalam satuan meter D adalah diameter kayu (cm).

Nah Dari pengertian dan sedikit penjelasan di atas mungkin kalian – kalian sudah sedikit mengerti, perhitungan ini biasanya digunakan jasa ekspedisi untuk mengangkut kayu gelondongan.

Cara menghitung Kubikasi Dengan Mudah

misalkan barang dengan ukuran PANJANG= 200 LEBAR= 200 TINGGI= 200

MAKA 200 X 200 X 200 : 1.000.000 = 8 jadi perhitungannya berapa kubik? dari perhitungan tersebut total kubik sebanyak 8M3 (delapan kubik)

Atau kami berikan cara yang paling mudah buat anda, silahkan ukur barang anda satu persatu lalu di hitung menggunakan aplikasi di bawah ini. satu kali tekan anda akan tau semua berapa volume barang anda yang di kirim via udara, laut dan juga kubikasinya.

Cara Menghitung Kubikasi Pada Kayu Papan

Nah jika tadi sudah dicontohkan cara menghitung kubikasi pada kayu gelondong, sekarang akan sedikit saya jabarkan tentang penghitungan kubikasi pada Kayu Papan

Rumusnya : nilai kubikasi = (T x L x P) : 10.000

Keterangan :

T merupakan tebal atau tinggi yang dinyatakan dalam satuan centimeter (cm)

L merupakan lebar papan kayu yang dihitung dalam satuan centimeter (cm)

P merupakan panjang papan kayu yang dihitung dalam satuan meter (m)

Contoh :

Pada sebuah papan kayu yang memiliki ukuran tebal 4 cm, lebar 25 cm dan panjang 2 meter, maka besarnya kubikasi pada papan kayu tersebut bila menggunakan rumus seperti diatas yaitu (4 x 25 x 2) : 10.000 = 0,02 M3 atau perlu 50 lembar untuk bisa mencapai satu kubik.

Nah Itu tadi adalah cara menghitung Kubikasi pada kayu papan. Bagaimana sudah cukup pusing, saya sendiri yang nulis artikel ini saja pusing hahaha. Namun ilmu dasar ini akan berguna untuk anda yang kedepannya atau sudah menggeluti usaha Ekspedisi. Kalau tidak bisa menggunakan rumus ini, takutnya nanti kalian merugi karena salah perhitungan.

Sekian artikel kali ini, semoga informasinya bisa mencerahkan kalian yang membaca, terima kasih, sampai jumpa lagi dengan artikel saya selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *