Home Best Cargo Jenis – Jenis Kapal Cargo Laut Dari Segi Muatan Dan Secara Umum

Jenis – Jenis Kapal Cargo Laut Dari Segi Muatan Dan Secara Umum

14
0

Cargo laut – Jenis – Jenis Kapal Cargo Laut Dari Segi Muatan Dan Secara Umum, Kebutuhan akan pengiriman laut di Indonesia masih cukup tinggi, meskipun sudah ada banyak maskapai udara yang bisa mengirimkan barang sampai kepelosok Indonesia. Namun Kiriman barang dengan Kapal Laut dirasa lebih murah dari pada menggunakan Cargo Udara.

Disisi lain untuk barang yang super besar, biasanya lebih memilih menggunakan Kapal barang atau Cargo Laut, disamping tidak memakan tempat, Kapal barang memiliki badan yang jauh lebih besar dibanding pesawat.

Cargo Laut adalah sebuah proses pemindahan fisik barang atau pengangkutan barang yang dilakukan dengan menggunakan kapal atau kapal barang.

Ada beberapa istilah yang biasa digunakan dalam Cargo Laut, dan bisanya digunakan dalam istilah perdaganan, mau tahu ini saya tulis dibawah

  • Freight On Board adalah Eksportir (pihak pengirim barang)menyerahkan barang ditempat yang ditentukan (di kapal), biaya yang diabayarkan eksportir meliputi pemuatan dan packing, termasuk memberi pengaman cargo agar tidak terguncang ketika berada di atas kapal.
  • Cost And Freight : Asuransi yang dibayarkan oleh importir dan eksportir mambyar biaya pengapalan Cargo laut menuju tempat yang ditentukan.
  • Cost, Insurance And Freight : SEluruh Asuransi dan Cargo dibayarkan oleh pihak eskportir menuju tempat yang telah disetujui.

Dari beberapa istilah Pengiriman menggunakan Cargo Laut, masing – masing memiliki fungsinya sendiri, tiap usaha cargo pun bisa menggunakan tergantung bagaimana pihak klien ingini.

Nah udah tahu beberapa istilahnya sekarang saya akan memberikan sedikit info lagi nih tentang jenis jenis kapal yang biasa digunakan untuk cargo laut, simak yuk :

Jenis – Jenis Kapal Cargo Laut

Kapal Cargo Laut
  • Kapal Kargo Curah
  • Kapal kargo Umum
  • Kapal Kontainer
  • Kapal tanker

Berikut Penjelasannya

  • Kapal Cargo Curah

Adalah kapal cargo yang digunakan untuk transportasi angkutan laut atau Sea Freight Transport atau bulk Carrier. Kapal jenis ini adalah kapal yang memiliki populasi paling banyak didunia. Biasanya digunakan untuk angkutan batu bara, bijih besi, biji – bijian dan beberapa mineral mentah lain.

Dibandingkan dengan kapal cargo jenis lain kapal ini paling beda bentuknya secara umum dan fungsi karena hanya bisa mengangkut satu jenis Cargo Saja.

  • Kapal Cargo umum

Kapal jenis ini biasanya digunakan transport umum di laut. Kapal jenis ini dulunya diproduksi masal pada masa perang duni ke 2. Kapal jenis bisa menampung berbagai macam jenis kargo, mulai dari kargo karung, Curah, Container dengan muatan mulai dari 5000 dwt sampai dengan 25000 dwt.

Di era modern Kapal Kargo umum sudah memilii dua deck atau doble decker, memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan single deck.

  • Kapal Kontainer

Jenis kapal yang digunakan untuk transportasi angkatan laut atau sea freight transport berikutnya adalah kapal container. Kapal jenis ini adalah kapal yang dapat menampung peti kemas dengan jumlah tertentu dari satu tempat ke tempat lainnya. Container sendiri adalah suatu peti kemas berbentuk box dan berisi berbagai variasi muatan tertentu.

  • Kapal Tanker

Salah satu jenis kapal yang digunakan untuk transportasi angkutan laut atau sea freight transportation adalah kapal tanker. Jenis kapal yang satu ini memang dirancang untuk mengangkut minyak atau beberapa material lainnya. Kapal tanker memang dibuat dengan sistem keselamatan tinggi dan dirancang untuk memenuhi standar keselamatan para awak kapal karena material yang dibawa cukup berbahaya.

Jenis kapal tanker dibagi sesuai bahan material yang dibawa. Ada kapal tanker yang berfungsi untuk mengirimkan minyak baik yang dalam bentuk minyak mentah ataupun memang yang sudah diproses sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, ada kapal tanker yang memang berfungsi untuk membawa bahan atau material kimia yang bernama chemical tanker. Beberapa material yang biasanya dibawa adalah soda kaustik dan metanol.

Nah itu tadi kalau dari muatannya bagaimana klasifikasi kapal berdasarkan hal yang umum :

Klasifikasi Kapal Berdasarkan Ukuran Muatan

  1. Handy size. Kapal memiliki tonase berat mati (dead weights tonnage) antara 28.000 sampai dengan 40.000 ton.
  2. Handymax, tonase berat mati kapal ini sekitar 40.000-50.000 ton.
  3. Panamax, merupakan jenis kapal yang paling besar yang dapat melewati terusan kanal. Tonase berat mati kapal ini antara 60.000 sampai 80.000 ton.
  4. Aframax, biasanya berupa kapal tanker dengan tonase berat mati antara 75.000 sampai dengan 115.000 ton.
  5. Suezmax, merupakan ukuran maksimal kapal yang dapat melewati terusan suez, tonase berat mati sekitar 150.000 ton.
  6. Malaccamax, merupakan kapal paling besar yang dapat melewati Selat Malaka. Untuk kapal peti kemas biasanya memiliki berat mati antara 280.000 sampai dengan 300.000 ton.
  7. Capesize, jenis kapal ini tidak dapat melewati Terusan Suez atau Terusan Panama sehingga harus melewati Tanjung Harapan dan Tanjung Tanduk. Tonase berat matinya di atas 150.000 ton.
  8. VLCC (Very Large Crude Carrier), merupakan supertanker dengan tonase berat mati antara 150.000-320.000 ton
  9. ULCC (Ultra Large Crude Carrier), merupakan supertanker dengan tonase berat mati antara 320.000 – 550.000 ton.\

Nah Itu tadi beberapa jenis kapal untuk Cargo Laut yang bisa kalian ketahui, semoga artikel ini memberikan informasi yang anda butuhkan, sekian dari saya, terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here